Ruang Lingkup dan Ambient, Architerctural Condition.

Selasa, 22 Februari 2011

Ruang Lingkup Psikologi Lingkungan

Dalam banyak hal, teori Psikologi Lingkungan tanpa disadari sangat berpangaruh dalam kehidupan social, namun kita masih belum begitu mengerti apa saja ruang lingkup psikologi social itu sendiri.

Ada dua versi Ruang Lingkup Psikologi Lingkungan, yang Menurut Proshansky (1974), dan menurut Sarwoni (1992).

Menurut Proshansky (1974), Psikologi lingkungan memberi perhatian terhadap manusia itu sendiri, tempat serta perilaku dengan setting fisik.

Ruang lingkup psikologi lingkungan membahas :

- Rancangan (desain)
- Organisasi Pemaknaan
- Hal-hal spesifik seperti, ruang-ruang,bangun-bangun, rumah sakit dan ruangannya, perumahan, apartemen,museum, sekolahan dan lain-lain.

Menurut Sarwono, 1992, jenis-jenis lingkungan didalam sosiologi yang bererapa diantaranya terdapat pada psikologi lingkungan :

- Lingkungan alamiah (natural environment), seperti : laut, hutan dan sebagainya
- Lingkungan buatan/binaan (built environment), jalan raya,perumahan, rumah susun, taman dan sebagainya.
- Lingkungan sosial
- Lingkungan yang dimodifikasi 

Dan tambahannya dari Veitch dan Arkkelin (1995), Psikologi Lingkungan merupakan suatu area yg bercabang dari sejumlah disiplin seperti, biologi,geologi, psikologi, ekonomi,sosiologi, kimia,fisika,sejarah,beserta sub disiplin dan rekayasanya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dalam hubungannya dengan lingkungan fisik Wrighstman dan Deaux (1981) membedakan dua bentuk kualitas lingkungan yang meliputi :

1. Ambient Condition
       Kualitas fisik dari keadaan yang mengelilingi individu seperti suara, cahaya, warna, kualitas udara, tempratur, dan kelembapan. Hal-hal yang bisa dirasakan namun tidak bisa disentuh atau dilihat bentuk utuhnya.

2. Architectural Condition
        Yang tercakup di dalamnya adalah seting-seting yang bersifat permanen. Misalnya dalam suatu ruangan, yang termasuk di dalamnya antara lain konfigurasi dinding, lantai, atap, serta pengaturan perabotan dan dekorasi. Hal-hal yang bisa dilihat dan disentuh secara langsung.

Sumber :
http://www.artikata.com/arti-5999-ambient.php
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/02/pengantar-psikologi-lingkungan/

0 komentar: