Homeschooling Anak berkebutuhan Khusus

Senin, 17 Mei 2010

Dua bulan sudah berjalan sejak komunitas kami menerima anak-anak yang dikategorikan berkebutuhan khusus.
Ada beberapa program yang dibuat dibawah unit Learning Support Center Sekdol yang dikomandani oleh Pe’e I Wayan Warsathon…
Kegiatan kamipun sudah 2 kali di amati oleh Team dari PUSKUR jakarta… yang kebetulan lagi monitoring kegiatan pelaksanaan Paket A di Komunitas kami selama 1 tahun ini.
Anak-anak kami yang masuk pada kategori Autis, Slowleaner, Torred syndrome , ADD dan kebutuhan khusus karena program Akselerasi. dibuatkan menu masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. IAP masing-masing anak dibuat dan dibicarakan denmgan kedua Orang Tua…, memang hal yang tidak mudah dalam mengkomunikasikan hal ini pada Oranmg Tua si Anak… perlu ada keterbukaan, ada banyak data yang dibutuhkan yang selama ini mungkin orang tua enggan menyampaikan pada orang lain… ( data riwayat kesehatan anak).
dari data yang ada kita akan buat program untuk 3 bulan ke depan…, dan kita buatkan list data kegiatan yang kita sepakati bersama denmgan orang Tua…
Namun pada kenyataannya tidak bisa berjalan dengan mulus… karena latar belakang orang tua yang masih harus mendapatkan pendampingan dalam melakukan HS ini..
Untuk orang tua yang kooperatif.., perkembangan kegiatan anaknya cukup signifikan, meski terkadang dalam kegiatannya di rumah masih juga melibatkan pendamping (shadow) yang harus juga mau berkoordinasi tentang program si anak dengan LSC sekolah Dolan.
Untuk anak-anak tertentu lebih diutamakan penyiapan kemandirian si anak dalam bekerja kelak… misalnya mempersiapkan buka usaha advertising, mempersiapkan buka salon, minimarket dll.
Sementara untuk anak yang Akselerasi… lebih memberikan ruang dia untuk merancang program belajarnya sesuai target yang ingin dia lalui… satu anak kami mencanangkan menyelesaikan program kelas 2 nya dalam 4 – 6 bulan.
Team LSC (Learning Support Center) kami memang terus melakukan diskusi… dan pengamatan…, dan tidak menutup kemungkinan beberapa hasil diskusi kami harus di bicarakan kembali bersama orang Tua… selaku pembimbing dan pengawal kegiatan si anak di rumah.

Memang perlu kesabaran untuk… anak-anak ini…
Namun adalah hak mereka utuk bisa berkembang sesuai potensi yang dia punya… dang negara ini sudah mengatur UU untuk itu…
bagaimanapun juga Komunitas juga perlu hadir menjadi warna dalam perjalanan Homeschooling di Indonesia.

Sumber : http://sekolahdolan.org/2009/08/homeschooling-anak-berkebutuhan-khusus/comment-page-1/#comment-1098

0 komentar: