Konsultasi : Anak Tidak Mau Sekolah Karena Sering Diejek

Senin, 17 Mei 2010

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Bagaimana menyuruh anak saya masuk sekolah karena sudah seminggu ini tidak mau alasannya kawan-kawannya sering mengejek dan dia tidak tahan sehingga ingin pindah sekolah terus.
(Icha, Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
Subhanallah ibu Icha, bila anak ibu tidak masuk sekolah seminggu, mudah-mudahan ketika surat ini sampai pada ibu, anak ibu sudah sekolah kembali ya. Kalau saya memiliki kemampuan ingin rasanya datang dan berjumpa anak ibu dalam memberikan motivasi, masalah dia diejek oleh kawan-kawannya memang akan mendatangkan rasa tidak nyaman. Hal ini yang dapat kita namakan bullying, dimana seringkali hal ini dilakukan oleh sekelompok anak, terhadap satu anak yang dianggap berbeda. Oleh karena itu yang harus dilakukan oleh kita sebagai orangtua adalah: bersikap akomodatif kepada anak, agar dia mau bercerita dan mengeluhkan permasalahannya dan setelah itu, kita harus mendatangi sekolah dan minta bantuan kepada kepala sekolah dan guru untuk mengatasi masalah ini. Hal ini memang agak sulit mengatasi bullyiing, karena terjadi dimana mana dan pelakunya seringkali bersikap innocent dan tidak atau jarang sekali tertangkap tangan. Saya rasa kita
semua sebagai orangtua dan guru untuk bersama sama melakukan kampanye besar-besaran : 'stop bullying'. Oke bu, saya akan usahakan agar Jisc bisa membuat tulisan mengenai bullying secara tuntas pada episode berikut.
Salam Sayang Ananda.

Sumber : http://jisc.eramuslim.com/konsultasi/display/42-anak-tidak-mau-sekolah-karena-sering-diejek

0 komentar: