Konsultasi : Ada Apa Dengan Anakku

Senin, 17 Mei 2010

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
Mungkin ada yang pernah atau tahu kasus ini, anak saya (2th 9 bln) sejak umur 1,5 tahun kakinya sering kram ini terjadi setiap bulan dan bisa sampai 2 minggu berturut-turut. Tapi dia tidak merasa kesakitan (ukurannya menangis) kalau posisi berdiri dia akan menyilangkan kakinya dan telapak kaki seperti penari balet (tidak menapak tapi dg ujung kaki). Usaha ke dokter sudah sampai dokter autis (karena anaknya hiperaktif) dan syaraf di Surabaya. Hasilnya tidak ada indikasi syaraf yang terganggu tapi dokter juga belum tahu kenapa, yang saya bingungkan sampai saat ini anak saya masih belum bisa berbicara lancar, misalnya berbicarapun tidak bisa panjang 1 kalimat, paling 2 atau 3 kata saja. Dulu sebelum di caesar saya sempat 2 hari diinduksi, apa ada pengaruhnya? Asi diberikan hanya 3 bulan, setelahnya tidak maksimal (berkurang). Mungkin ada yang tahu solusinya saya harus bagaimana? demikian terima kasih.
wassalam
Meinarni

Jawab

Wa'alaykumsalam Wr. Wb.,
Mbak Meinarni yang manis, kalau anak kita ada masalah yang tak lazim dan mbak sudah berusaha ke dokter bahkan dari dokterpun ternyata tidak ada jawaban yang cukup signifikan bahkan dikatakan baik-baik saja, ada baiknya mbak sangat bersabar dan tidak terlalu dipikirkan, didik dia sacara normal dan banyak
perdengarkan kaset atau murottal alqur’an, insya ALLOH sakitnya akan sembuh selain mbak juga berdoa pada ALLAH. Soal induksi dan asi yang hanya 3 bulan tidak ada pengaruhnya mbak, apalagi bila mbak sudah ke dokter, menurut saya anak-anak pada masa golden age seusia anak mbak bila dari segi fisik mengalami sedikit kelambatan, maka mbak didik dia sungguh-sungguh untuk memiliki kelebihan misal menghafal alqur’an atau paling tidak mendengarkan lagu-lagu nasyid, lama - lama anak akan memiliki sangat banyak kosakata yang terekam. Niscaya ketika sudah bisa bicara lancar, anak mbak Meinarni akan sangat cerewet dan bisa lebih dewasa dari kawannya sebayanya, karena ilmu dan cerita yang banyak yang diberikan ibunya terus menerus sejak masih kecil. Soal hafalan qur’an jangan khawatir tidak hafal mbak, diulang-ulang saja terus, nanti mbak akan lihat hasilnya, betapa mereka lebih cepat ingat daripada kita orang dewasa, semoga tetap tabah dan berhasil ya mbak, salam sayang.
Wassalam

0 komentar: