Kasus Autis : Reggie's Reggression

Jumat, 02 April 2010

Reggie adalah 4 tahun ketika ia dievaluasi oleh seorang psikiater anak karena mengkhawatirkan perubahan perilaku di atas 2 bulan terakhir. Dia adalah anak pertama yang lahir untuk orang tua profesional. Menurut mereka, ia adalah seorang bayi yang biasanya bergaul awal pembangunan sepenuhnya dalam batas normal-ia berjalan dan mengucapkan kata-kata tunggal dengan ulang tahun pertamanya dan berbicara dalam kalimat sebelum usia 2. Dia terdaftar di sekolah TK pada usia 3 dan dilatih toilet pada waktu itu. Para orangtua mengatakan bahwa mereka telah rekaman video menunjukkan bahwa pembangunan nya sampai saat itu sepenuhnya normal.

Dua bulan yang lalu, tak lama setelah kelahiran adiknya, Reggie muncul untuk menjadi nonspesifik cemas dan gelisah. Selama beberapa minggu, perilakunya kemunduran tajam dalam beberapa bidang: ia tidak lagi dilatih toilet, tidak lagi terlibat dalam kegiatan perawatan diri sesuai dengan usia, dan sepenuhnya menjadi bisu. Dia juga kemunduran tajam dalam keterampilan sosial, dan orang tuanya mengamati bahwa ia sekarang menghabiskan jam bergoyang-goyang.


Evaluasi psikiatri menunjukkan bahwa, walaupun usia 4, ia sekarang berfungsi pada tingkat 1-tahun dalam hal kemampuannya kognitif dan komunikatif. Dari pengamatan langsung dan penjelasan dari perilakunya dengan orang tuanya, ia menunjukkan perilaku banyak fitur sugestif autisme (misalnya, kurangnya sosial responsif, kesulitan dengan transisi, gerakan stereotip, dan sebagainya). Review dari rekaman video pembangunan awal dikonfirmasi sejarah perkembangan normal yang diberikan oleh orang tua.

Psikiater itu diatur untuk evaluasi medis yang ekstensif, termasuk elektroensefalogram, sebuah magnetic resonance imaging scan, dan berbagai studi laboratorium. Namun, mereka gagal untuk menemukan kondisi medis tertentu yang mungkin menjelaskan gangguan itu.

Analisis :
Dikarenakan adanya hambatan berbahasa dan hubungan sosial serta adanya perilaku stereotipik maka kita akan berpikir Gangguan Autis. Namun demikian, perkembangan awalnya yang normal menunjukkan bahwa gangguan ini termasuk ke dalam Childhood Disintegrative Disorder. Kedua gangguan ini mirip gejalanya kecuali dalam hal onset dan prognosis. Ganguan Autis muncul sebelum usia 3 tahun dengan abnormalitas dalam interaksi sosial, bahasa komunikasi/simbolik dan permainan imaginatif, sedangkan pada Childhood Disintegrative Disorder perkembangannya normal sampai beberapa tahun. Prognosis Gangguan Autis lebih jelek dibandingkan Childhood Disintegrative Disorder.
Suber : http://hil4ry.wordpress.com/2007/09/30/reggies-regression/#more-50

0 komentar: